Analisa Quarterlife crisis Mahasiswa Dan Mahasiswi Tingkat Akhir STMIK Royal Kisaran Dengan Backward Chaining

Rivia Gulda Nasution, Hanina Hanina

Abstract


Sistem pakar membentuk kecerdasan buatan yang mempelajari suatu aspek atau banyak aspek ilmu dari seorang pakar maupun banyak pakar agar dapat mengadopsi pemahaman manusia ke komputer dan komputer dapat menyelesaikan masalah seperti yang biasa dilakukan oleh para pakar. Hambatan yang paling sering dialami oleh mahasiswa dan mahasiswi tingkat akhir yatitu munculnya perasaan panik, ketidakstabilan serta kebimbangan karena banyaknya pilihan bahkan frustasi yang sering disebut sebagai Quarterlife crisis. Quarterlife crisis ialah suatu respon emosional yang ditandai dengan munculnya perasaan panik, tidak berdaya, ketidakstabilan, kebimbangan karena banyaknya pilihan, cemas, tertekan, bahkan frustrasi, yang dialami oleh individu pada rentang usia 18-29 tahun, terprimer ketika akan atau baru menyelesaikan pendidikan di bangku kuliah dan menangkili real world yang penuh tantangan dan tuntutan yakni fresh graduate dan juga mahasiswa tingkat akhir. kerelevanan komputerisasi dan teknologi dalam sistem pakar analisa quarterlife crisis pada mahasiswa tingkat akhir ini dibutuhkan guna membantu mahasiswa menangkili quarterlife crisis dan mendapatkan solusi mengenai masalahnya. Kemajuan teknologi inilah yang dapat membantu mengalihkan pemahaman manusia ke dalam bentuk sistem sehingga dapat digunakan oleh banyak orang dan tidak terbatas oleh waktu tanpa menggantikan peran manusia.

Keywords


Sistem Pakar; Mahasiswa; Quarterlife crisis; Backward Chaining

Full Text:

PDF

References


B. Setiawan, P. Studi, and T. Informatika, “Sistem Pakar Identifikasi Kerusakan Motor Matic Beserta Solusi,” vol. 5, no.2, pp. 83–88, 2019.

Yeni Mutiara, “QUARTERLIFE CRISIS MAHASISWA BKI TINGKAT AKHIR,” in State Islamic University Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2018, p. 121, [Online]. Available:http://digilib.uin-suka.ac.id




DOI: https://doi.org/10.51849/j-p3k.v2i2.112

Refbacks

  • There are currently no refbacks.