Religiusitas, Kecerdasan Emosi, dan Penerimaan Diri pada Orang Tua yang Memiliki Anak Berkebutuhan Khusus

Selpia Despriyanti

Abstract


Orangtua yang memiliki anak berkebutuhan khusus biasanya membutuhkan waktu dan proses untuk menerima keadaan anaknya.Penerimaan diri pada orangtua yang memiliki anak berkebutuhan khusus dapat dipengaruhi oleh berbagai hal, diantaranya adalah religiusitas dan kecerdasan emosi. Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui seberapa besar pengaruh religiusitas dan kecerdasan emosi terhadap penerimaan diri pada orangtua yang memiliki anak berkebutuhan khusus. Partisipan dalam penelitian ini adalah orangtua yang memiliki anak berkebutuhan khusus usia 3- 22 tahun. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan teknik analisa data menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian diperoleh bahwa nilai R=0,716; R square= 0,513; F 27,871 dengan taraf signifikansi p=0,000 (p<0,05). Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara variabel dimensi religiusitas, kecerdasan emosi, dan penerimaan diri orang tua anak berkebutuhan khusus.


Keywords


Religiusitas; Kecerdasan Emosi; Penerimaan Diri; Anak Berkebutuhan Khusus.

Full Text:

PDF

References


Desiningrum, Dinie Ratri. (2016). Psikologi Anak Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta: Penerbit Psikosain.

Eliyanto, Hendri, & Hendriani, Wiwin. (2013). Hubungan Kecerdasan Emosi dengan Penerimaan Ibu Terhadap Anak Kandung yang Mengalami Cerebral Palsy. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan Vol. 2 No. 02 Agustus 2013.

Fitria, Anissa. (2019). Pengaruh Kecerdasan Emosi, Dukungan Sosial, dan Rasa Syukur Terhadap Penerimaan Orang Tua pada Anak Dengan Berkebutuhan Khusus. Jakarta: Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Goleman, D. (2000). In Kecerdasan Emosional mengapa EI lebih penting daripada IQ. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Goleman, D. (2003). Emotional Intelligence: Kecerdasan emosional Mengapa EQ lebih penting daripada IQ. In A. B. Hermaya. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Goleman, D. (2000). Kecerdasan Emosi untuk Mencapai Puncak Prestasi. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Hurlock, E. B. (2013). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Edisi Kelima. Jakarta: Erlangga.

Hadi, S. (2000). Statistik. Jilid 2. Yogyakarta: Andi Yogyakarta.

Husna, Sharfina Mahjati Husna & Hamdan, Stephani Raihana. (2020). Peran Religiusitas dalam Penerimaan Orangtua Anak Berkebutuhan Khusus. Prodi Psikologi, Fakultas Psikologi Universitas Islam Bandung. http://dx.doi.org/10.29313/.v6i2.24423

Jersild, A. T. Brook, J. S. Brook, D. W. (1978). The Psychology Of Adolescence. Third Edition.New York: Macmillan Publishing Co., Inc.

Kartikasari, Nofita Dwi. (2014). Hubungan Antara Religiusitas dengan Kesejahteraan Psikologispada Penderita Diabetes Militus Tipe 2. Prodi Psikologi Fakultas Psikologi UMS Surakarta.

Kurniasari, Dhiarintan. (2018). Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dengan Penerimaan Orang Tua terhadap Anak Retardasi Mental. Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Malang.

Rahmawati, Siti. (2017). Pengaruh Religiusitas Terhadap Penerimaan diri Orangtua Anak Autis di Sekolah Luar Biasa XYZ. Jurnal AL-AZHAR INDONESIA SERI HUMANIORA, Vol. 4, No. 1, Maret 2017.

Pancawati, Ririn. (2013). Penerimaan Diri dan Dukungan Orangtua Terhadap Anak Autis. Ejournal Psikologi. Vol 1.

Rahayu, Yiyi Dwi Panti, & Ahyani, Latifah Nur. (2017). Kecerdasan Emosi Dan Dukungan Keluarga Dengan Penerimaan Diri Orang Tua Yang Memiliki Anak Berkebutuhan Khusus (Abk). Jurnal Psikologi Perseptual. http://jurnal.umk.ac.id/index.php/perseptual.

Rosita, Ais. (2019). Kecerdasan Emosi pada Shadow (Pendamping) Anak Autisme.Surabaya. Skripsi.

Siregar, S. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Prenadamedia Group.

Somantri, S. (2007). Psikologi Anak Luar Biasa. Bandung: Refika Aditama.

Sa’idah, Muyasarotun. (2014). Hubungan Antara Kecerdasan Emosi Dan Pengetahuan Tentang Abk Dengan Kompetensi Guru Di Sekolah Inklusif. Naskah Publikasi. Surakarta: Magister Sains Psikologi Universitas Muhammadiyah.

Sugiyono, P. D. (2014). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method). Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.51849/j-p3k.v5i1.272

Refbacks

  • There are currently no refbacks.