Strategi Marketing Lembaga Pendidikan Islam: Adaptasi Pesantren dan Madrasah di Era Society 5.0

Hendra Kurniawan

Abstract


Tujuan penelitian mendeskripsikan strategi marketing yang dilakukan pesantren serta madrasah di era society 5.0, situs penelitian ini ialah 1) MA Tahfizhul Qur’an, 2) MAN 1 Medan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan mengumpulkan sumber data terkait tentang stretagi marketing. Sedangkan observasi, wawancara, serta dokumentasi merupakan teknik pengumpulan data yang diperoleh dari yayasan, struktur sekolah/madrasag, peserta didik, masyarakat. Hasil penelitian ini : 1) MA Tahfizhul Qur’an, melakukan identifikasi pasar; observasi strategi pesantren-pesantren baru dalam melakukan praktik pemasaran jasa pendidikan, teknik positioning; dilakukan dalam strategi pembedaan berdasarkan tagline dari madrasah, komunikasi pemasaran : mouth to mouth masih menjadi srategi yang baik pada penerapannya. 2) MAN 1 Medan, melakukan layanan pembelajaran yang sangat baik; penerapan kurikulum merdeka yang dilakukan dapat menjadi jalan melakukan peningkatan kualitas madrasah, media sosial; melalui akun madrasah keseluruhan aktifitas baik secara individual atau keikutsertaan akan juga menjadi hal penting pada media sosial. Dalam menyambung aktifitas marketing, kedua lembaga pendidikan Islam ini tentu banyak melakukan perbaikan diantaranya pembaruan strategi, sosialisasi secara langsung, serta pemanfaatan Instagram sebagai salah satu media publikasi.

Keywords


Strategi Marketing; Pesantren Dan Madrasah; Era Society 5.0

Full Text:

PDF

References


Alma, B. (2009). Manajemen Corporate dan Strategi Pemasaran Pendidikan Fokus pada Mutu dan Layanan Prima. Bandung: Alfabeta.

Amstrong, P. K. (1996). Dasar-Dasar Pemasarn, terj. Alexander Sindoro. Jakarta: Prenhallidno.

Daulay, H. P. (2004). Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana.

Furchan, A. (2004). Transformasi Pendidikan Islam di Indonesia. Yogyakarta: Gama Media.

Kotler, P. (1997). Manajemen Pemasaran, terj. Hendra Teguh dan Ronny A. Rusli. Jakarta: Prenhallindo.

Machali, A. H. (2012). Pengelolaan Pendidikan; Konsep, Prinsip dan Aplikasi dalam Mengelola Sekolah dan Madrasah. Yogyakarta: Kaukaba.

Machali, I. (2010). Manajemen Pemasaran Jasa Pendidikan Madrasah dalam Antologi Kependidikan Islam. Yogyakarta: Teras.

Mukti, A. H. (2002). Pengembangan Metodologi Pembelajaran di Salafiyah . Jakarta: Departemen Agama RI.

Munawaroh. (2011). Kebijakan Strategi Pemasaran Pendidikan (Studi Kasus di SMK Ma'arif Al-Munawwir Krapyak Yogyakarta. Yogyakarta: PPs UNY.

Nasution, Z. (2010). Manajemen Humas di Lembaga Pendidikan. Malang: UMM Press.

Sahroni. (2019). Strategi Pemasaran Lembaga Pendidikan Pondok Pesantren. AT-TA'LIM (Jurnal Kajian Pendidikan Agama Islam), 23-27.

Setyono, J. (2008). Manajemen Pemasaran (Suatu Pengantar). Yogyakarta: Biruni Press.

Syatibi, N. A. (2009). Manajemen Pendidikan Islam. Bekasi: Pustaka Isfanan.

Tafsir, A. (2008). Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam. Bandung: Rosdakarya.




DOI: https://doi.org/10.51849/j-p3k.v4i3.228

Refbacks

  • There are currently no refbacks.