Persepsi Pengunjung Terhadap Night Culinary Di Fun Taste Street (Medan Night Market) Kota Medan, Sumatera Utara

Aliyah Jessica Siswoko, I Nyoman Sunarta

Abstract


Kota Medan merupakan salah satu kota yang Populer akan wisata kuliner, ada salah satu wisata kuliner malam yang terkenal di kota Medan yaitu Pasar Malam Medan. Terinspirasi dari konsep Night Market di salah satu kota Bangkok dan Taiwan, ada seorang pemuda yang bergerak di bidang event organizer bernama Jimmy Kwok yang menghadirkan Fun Taste Street untuk memenuhi minat masyarakat Medan terhadap kuliner. Pusat Pasar Malam permanen pertama di Medan terletak di Jln. Adam Malik Medan. Konsep Medan Night Market berbeda dengan Food Street lainnya, tempat ini sengaja dibuat untuk mengusung kenyamanan pengunjung sebagai keunggulan agar pengunjung yang berkunjung merasa nyaman dan terkesan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas apa saja yang dilakukan pengunjung selama berada di Fun Taste Street (Medan Night Market) di Kota Medan Sumatera Utara dan untuk menganalisis bagaimana persepsi pengunjung terhadap Kuliner Malam di Fun Taste Street (Medan Night Market) Medan Kota, Sumatera Utara. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan menyebarkan kusioner online kepada pengunjung yang berkunjung ke Medan Night Market. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori gastronomi dan teori persepsi. Konsep yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsep wisata kuliner, konsep makanan tradisional, konsep pengunjung, dan konsep atraksi wisata (4A). Hasil dari penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana persepsi pengunjung terhadap Kuliner Malam di Fun Taste Street (Medan Night Market) Kota Medan Sumatera Utara. Dan dari penelitian ini dapat memberikan manfaat bagi pihak manajemen dan pelaku bisnis di Medan Night Market agar dapat meningkatkan fasilitas dan kenyamanan. 


Keywords


Aktivitas Pariwisata; Persepsi Wisatawan; Fun Taste Street (Medan Night Market).

Full Text:

PDF

References


Cooper C, dkk. (1998). Tourism Principles and Practice. Singapore: Pearson Education Asia Pte.

Elvarizki, Prima Nova (2019). “Persepsi Pengunjung Terhadap Obyek Wisata Pantai Lasiana Kupang, Nusa Tenggara Timur”. Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung (STP Bandung). Vol 1-89.

Ismiralia, dkk. (2019). “Persepsi Masyarakat Tentang Objek Wisata Lorong Basah Night Culinary Kota Palembang”. Politeknik Negeri Sriwijaya, Palembang, Sumatera Selatan. Jurnal Inovation Bisnis 7. Vol 91-96.

Industri Pariwisata dan Kuliner oleh Robert Tua Siregar, dkk. (2020). ISBN:978-623-6761-63-2

Nariani, Komang (2019). “Pengembangan Kuliner Lokal Berdasarkan Persepsi Wisatawan Di Ubud, Bali”. Sekolah Tinggi Pariwisata Bali Internasional (STPBI). JOURNEY 1(2): 85-98.

Sunarta I Nyoman, et. al (2020). “Green Village Destination” Development Strategy Based On Ecgo Bike In Pelaga District Petang Badung Bali Indonesia. Sys Rev Pharm 2020: 11 (12) : 259-266 A multifacted review journal in the field of pharmacy. Vol 11, Issue 12 Desember 2020.

UU No. 10 Tahun 2009 Twentang kepariwisataan.

UU No.9 Tahun 1990 Tentang Kepariwisataan.

Sasongko, dkk (2019). “Strategi Pengembangan Kawasan Wisata Kuliner Di Sepanjang Koridor Jalan Soekarno Hatta, Kota Malang”. Development Strategy Of Culinary Tourism Area In The Corridor Of Soekarno Hatta. Perencanaan Wilayah dan Kota. Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Institut Teknologi Nasional Malang.

Krisnadi (2018). “Gastronomi Makanan Betawi Sebagai Salah Satu Identitas Budaya Daerah”. Hospitality dan Pariwisata, Universitas Bunda Mulia, Jakarta. National Conference of Creative Industry: Sustainable Tourism Industry for Economic Development. Universitas Bunda Mulia, Jakarta 5-8 September 2018. E-ISSN No: 2622-7436.

Fentri (2017). ”Persepsi Pengunjung Terhadap Daya Tarik Taman Wisata Alam Hutan Rimbo Tujuh Danau DI Desa Wisata Buluh Cina Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar Riau”. Departement of Administration- Tourism Studies Program Faculty of Social and Political Science Riau University. JOM FISIP Vol. 4 No. 2 t Oktober 2017.

www.hsunny179blogspot.com




DOI: https://doi.org/10.51849/j-p3k.v3i3.191

Refbacks

  • There are currently no refbacks.