Pelatihan Manajemen Waktu Terhadap Tingkat Stres Mahasiswa yang Bekerja di PT. Sugih Riesta Jaya

Diny Atrizka, Azwin Azwin, Linda Suhardi, Mega Hariyanti, Sieny Yulim, Arbana Syamanta

Abstract


Rancangan penelitian ini adalah untuk menelaah keefektifan pelatihan manajemen waktu terhadap stres mahasiswa yang bekerja di PT. Sugih Riesta Jaya. Teknik perolehan sampel penelitian ini dengan purposive sampling. Desain eksperimental Pretest-Posttest Control Group Design digunakan dalam penelitian ini. Populasi dari penelitian adalah mahasiswa yang berkuliah sambil bekerja di PT. Sugih Riesta Jaya. Sampel penelitian 20 orang yang selanjutnya akan dibagi kedalam dua kelompok, yaitu 10 orang ke dalam kelompok eksperimen yang terdiri atas 4 pria dan 6 wanita yang akan diberikan perlakuan secara bertahap dan 10 orang dalam kelompok kontrol yang terdiri atas 4 pria dan 6 wanita yang tidak diberikan treatment. data pada penelitian ini dikumpul menggunakan skala tingkat stress dan juga teknik analisis data menggunakan uji t dengan SPSS Statistik versi 21. Dari perbandian nilai uji t dapat terlihat dari data yang telah didapatkan pada kelompok eksperimen dimana hasil thitung 4,775 dengan signifikan 0,001 dan pada kelompok kontrol, didapatkan thitung 0,500 dengan signifikan 0,629. Berdasarkan hasil analisis data yang telah diperoleh, terlihat terdapat adanya perbedaan penurunan tingkat stres terhadap kelompok yang telah menjalankan pelatihan dan kelompok yang tidak menjalankan pelatihan.


Keywords


Pelatihan Manajemen Waktu; Stres; Mahasiswa yang Bekerja.

Full Text:

PDF

References


Alshutwi, S., Alkhanfari, H., & Sweedan, N. (2019). The Influence of Time Management Skills on Stress and Academic Performance Level among Nursing Students. Journal of Nursing Education and Practice, 10(1): 96–100.

Aprilia, A. D. (2016). Hubungan Antara Manajemen Waktu Dengan Performansi Kerja Pada Mahasiswa yang Bekerja di PT. X Yogyakarta. Skripsi. Universitas Sanata Dharma.

Arviani, H., Claretta, D., & Achmad, Z. A. (2021). Peningkatan Kualitas Belajar Siswa Dengan Teknik Pomodoro. Analisis Standar Pelayanan Minimal Pada Instalasi Rawat Jalan Di RSUD Kota Semarang, 2(1): 67–85.

Asih, G. Y., Widhiastuti, H., & Dewi, R. (2018). Stres Kerja. Semarang: Semarang University Press.

Atkinson, P. E. (1994). Manajemen waktu yang efektif. Jakarta: Binarupa Aksara.

Azwar, S. (2012). Penyusunan Skala Psikologi Edisi 2. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Burke, J., & Christensen, L. B. (2014). Education Research Quantitative, Qualitative, and Mixed Approaches Fifth Edition. America: Sage Publications, Thousand Oaks, Calif.

Chanie, M. G., Amsalu, E. T., & Ewunetie, G. E. (2020). Assessment of time management practice and associated factors among primary hospitals employees in north Gondar, northwest Ethiopia. PLoS ONE, 15(1): 1–11.

Fathia. (2019). Pengembangan Awal Alat Ukur Stres: Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Malikussaleh. Psikologi Terapan (JPT), 2(2): 8–11.

Goliszek, A. (2005). :60 second Stress Management Jakarta: Bhuana Ilmu Populer.

Hawari, D. (1998). Al Qur’an: Ilmu Kedokteran Jiwa dan Kesehatan Jiwa. Yogyakarta: Dana Bhakti Prima Tosa.

Haynes, M. E. (1991). Manajemen Waktu untuk Diri Sendiri. Jakarta: Binarupa Aksara.

Mardelina, E., & Muhson, A. (2017). Mahasiswa Bekerja Dan Dampaknya Pada Aktivitas Belajar Dan Prestasi Akademik. Jurnal Economia, 13(2): 201–209.

Marliani, R. (2013). Psikologi Eksperimen. Bandung: Pustaka Setia.

Mentari, A. Z. B., Liana, E., & Pristya, T. Y. R. (2020). Teknik Manajemen Stres yang Paling Efektif pada Remaja: Literature Review. JURNAL ILMIAH KESEHATAN MASYARAKAT: Media Komunikasi Komunitas Kesehatan Masyarakat, 12(4): 191–196.

Murphy, M., Pahwa, A., Dietrick, B., Shilkofski, N., & Blatt, C. (2022). Time Management and Task Prioritization Curriculum for Pediatric and Internal Medicine Subinternship Students. MedEdPORTAL: The Journal of Teaching and Learning Resources, 18, 11221.

Novarenta, A. (2013). Guided Imagery untuk Mengurangi Rasa Nyeri Saat Menstruasi. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 1(2): 179–190.

Pratisti, W. D., & Yuwono, S. (2018). Psikologi Eksperimen. Surakarta: Muhammadiyah University Press.

Purwanti, A. (2015). Hubungan antara Kemampuan Manajemen Waktu dengan Motivasi Belajar pada Mahasiswa Bekerja Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar dan Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

Ruangguru. (n.d.). Teknik Pomodoro , Teknik Belajar yang Dapat Bantu Tingkatkan Konsentrasimu. Diunduh di https://www.ruangguru.com/blog/teknik-pomodoro-teknik-belajar-yang-dapat-bantu-tingkatkan-konsentrasimu tanggal 05 Juni 2022.

Vinahapsari, C. A., & Rosita. (2020). Pelatihan manajemen waktu pada stres akademik pekerja penuh waktu. Jurnal Bisnis Darmajaya, 6(1): 20–28.

Wijaya, C., Siregar, N. I., & Hidayat, H. (2020). Hubungan antara Self Efficacy dengan Self Regulated Learning pada Mahasiswa yang Bekerja di Universitas Medan Area. Analitika: Jurnal Magister Psikologi UMA, 12(1): 83–91.




DOI: https://doi.org/10.51849/j-p3k.v3i3.189

Refbacks

  • There are currently no refbacks.