Hubungan Antara Kepercayaan Pelanggan Dengan Loyalitas Pelanggan Terhadap Online Shop

Mulia Siregar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara kepercayaan pelanggan dengan loyalitas pelanggan terhadap online shop pada Mahasiswa Psikologi Regular A Stambuk 2017 Universitas Medan Area. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Psikologi regular A stambuk 20017 Universitas Medan Area dengan jumlah 185 orang, namun setelah dilakukan screening dengan sistem ty out terpakai terhadap subjek, maka terdapat 50 orang mahasiswa yang sering melakukan pembelian secara online shop dan dinyatakan sebagai sampel yang sesuai dengan penelitian ini. Penelitian ini menggunakan Skala kepercayaan pelanggan (Priansa, 2018) yang terdiri dari 3 aspek yaitu kemampuan (ability), kebaikan hati (benevolence), dan Integritas (integrity). Penelitian ini menggunakan Skala Loyalitas Pelanggan yang terdiri dari 4 aspek yaitu melakukan pembelian secara teratur, membeli diluar lini produk/jasa, merekomendasikan produk/jasa kepada orang lain, dan tidak mudah terpengaruh oleh tarikan pesaing. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan skala Likert dengan jumlah aitem sebanyak 57 aitem. Nilai validitas aitem dalam penelitian ini adalah 0,921 dan 0,929 yang ukur menggunakan Alpha Cronbach’s. Berdaasarkan analisis dengan menggunakan Pearson Product Moment maka diperoleh hasil bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara Kepercayaan Pelanggan dengan Loyalitas Pelanggan, dimana rxy = 0,459 dengan signifikan p = 0.001 < 0.050. Dan menunjukkan hasil analisis persentase sebesar 21,1%. Maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang diajukan dinyatakan diterima dengan hasil ada hubungan antara Kepercayaan Pelanggan dengan Loyalitas Pelanggan.

Keywords


Kepercayaan Pelanggan; Loyalitas Pelanggan

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Ayu, D. P., & Sulistyawati, E. (2018). Persepsi Nilai Pelanggan Mediasi Pegaruh Kepercayaan Merek Dan Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Pelaggan Berbelanja Online. Jurnal Manajemen Unud, 2353-2379.

Azwar, Saifuddin. 2014. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Beneke, J., Adams, E., Demetriou, O., & Solomons, R. (2011). An exploratory study of the relationship between store image, trust, satisfaction and loyalty in a franchise setting. Southern African Business Review, 15(2), 59–74.

Ferrinadewi, E. (2008). Merek & Psikologi Konsumen. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Gaffar, V. (2007). Manajemen Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Gefen, D. 2002. "Customer Loyalty in E-Commerce." Journal of the Association for Information Systems Vol 3: 27-51.

Hadi, S. 2000. Statistik, Jilid II. Yogyakarta: Liberty

Hadi, S. (2015). Metodelogi Riset. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kotler & Keller. (2006). Manajemen Pemasaran, Edisi 12 jilid 1, Terjemahan (Molan Benyamin). Indonesia: PT. Indeks.

Lepojevic, V., & Dukic, S. (2018). Factors Affecting Customer Loyalty In The Business Market - An Empirical Study In The Republic Of Serbia1. Economics And Organization Vol. 15, No 3, 245 – 256.

Norhermaya, Y. A., & Soesanto, H. (2016). Analisis Pengaruh Kepuasan Pelanggan Terhadap Kepercayaan Dan Loyalitas Pelanggan Untuk Meningkatkan Minat Beli Ulang (Studi P. Diponegoro Journal Of Management, Volume 5, Nomor 3, Halaman 1-13.

Nugroho, A. S. (2016). E-Commerce; Teori Dan Implementasi. Dalam B. David, Landasan Teori (Hal. 6). Yogyakarta: Ekuilibria.

Priansa, D. J. (2018). Perilaku Konsumen Dalam Bersaing Bisnis Kontemporer. Bandung: Alfabeta.

Sangadji, E. M., & Sopiah. (2013). Perilaku Konsumen. Yogyakarta: Andi Yogyakarta.

Siregar, A. H. (2018). Pengaruh Kepercayaan (Trust) Dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Pelanggan Online Shop (Pada Toko Jequeleen Di Kota Medan). Departemen Manajemen. Univesitas Sumatera Utara.

Siregar, S. (2017). Statistik Parametrik Untuk Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Bumi Aksara.

Suhari, Yohannes. 2011. "Kepercayaan terhadap Internet serta Pengaruhnya pada Pencarian Informasi dan Keinginan Membeli Secara Online." Jurnal Dinamika Informatika (Unisbank.ac.id).

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta.

Tugiso, I., Haryono, A. T., & Minarsih, M. M. (Maret 2016). Pengaruh Relationship Marketing, Keamanan, Kepercayaan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Online Shop Dan Loyalitas Konsumen Sebagai Variabel Intervenin. Jurnal Managemen, Volume 2 No.2.

Yusuf, A.M. 2014. Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana

Zahro, N. U., & Prabawani, B. (2018). Pengaruh Customer Relationship Management Terhadap Loyalitas Pelanggan Tv Kabel Di Kecamatan Tembalang Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Pt. Mnc Sky Vision-Indovision Semarang). Jurnal Administrasi Bisnis, Volume 7, Nomor 1.




DOI: https://doi.org/10.51849/j-p3k.v2i1.97

Refbacks

  • There are currently no refbacks.