Psikoedukasi Pengaruh Gadget Terhadap Pelajar Didunia Pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan

Dwi Iramadhani, Rini Julistia, Zurratul Muna

Abstract


Kecenderungan penggunaan gadget secara tidak bertanggung jawab, berlebihan dan tidak tepat pada akhirnya bisa menjadikan individu atau siswa/i bersikap tidak perduli pada lingkunganya baik pada lingkungan keluarga, masyarakat dan lingkungan pendidikan. Penggunaan gadget secara berkelanjutan dan tidak bertanggung jawab juga akan berdampak buruk bagiindividu dalam kesehariannya. Tujuan dari psikoedukasi ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan pada penggunaan gadget terutama dalam pendidikan agar siswa dan siswi dapat menggunakan gadget dengan bertanggung jawab dan tidak ketergantungan. Kegiatan ini terbagi menjadi 3 sub bagian yakni kegiatan pretest, kemudian pada kegiatan kedua yaitu kegiatan psikoedukasi dan kegiatan ketiga yaitu posttest. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa saat pre test 25 dari 35 siswa/i memiliki kategori tinggi kemudian setelah mengikuti psikoedukasi, lima hari kemudian diukur Post Test diperoleh hasil terdapat 33 siswa/i yang berada pada kategori rendah sedangkan sisanya 2 orang berada pada kategori tinggi. berdasarkan hasil tersebut, dapat diambil kesimpulan bahwa setelah mengikuti kegiatan psikoedukasi pengaruh gadget terhadap pelajar didunia pendidikan, siswa/i dapat meningkatkan kesadarannya akan fungsi gadget sehingga dapat mengunakan gadget dalam hal yang positif.

Keywords


Psikoedukasi, Gadget

Full Text:

PDF

References


Aswadi, D. & Lismayanti, H. 2019. Dampak Penggunaan Smartphone terhadap Pendidikan Karakter Anak di Era Milenial. Jurnal Bahasa, Sastra dan Pengajarannya , 4 (1).

Chusna, P. A. 2017. Pengaruh Media Gadget pada Perkembangan Karakter Anak. Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Sosial Keagamaan , 17 (2): 315-330.

Fatia, S, N, 2020. Update Virus Corona diDunia: Indonesia Berada di Peringkat 31 Dunia. Diunduh di https://www.pikiran-rakyat.com/internasional/pr-01566252/update-virus-corona-di-dunia-rabu-17-juni-2020-indonesia-berada-di-peringkat-31-dunia/tanggal tanggal 17 Juni 2020

Goswami, dkk. 2015. Impact of Mobile Phone Addiction on Adolesent’s life: A Literature Review. Internasional Journal of Home Science. 2(1), 69-74

Hakam, M. T., Levani, Y, & Utama, M. R. 2020. Potensi Adiksi Penggunaan Internet pada Remaja Indonesia di Periode Awal Pandemi. Hang Tuah Medical Journal , 17 (2); 102-115.

Harjanto, T., Sumunar, D. S. E. W. 2018. Tantangan Dan Peluang Pembelajaran Dalam Jaringan: Studi Kasus Implementas Elok (E-Learning: Open For Knowledge Sharing) Pada Mahasiswa Profesi Ners. Jurnal Keperawatan Respati Yogyakarta, 5; 24-28.

Jung, Carl G. 2015. Mobile Phone Addiction and Loneliness among Teenagers. The Internasional Journal of Indian Psychology. 2(4), 1

Maulana & Gumelar. 2012. Komunikasi Psikologi. Yogyakarta: Graha Ilmu

Noegoroho, A. 2010. Teknologi Komunikasi. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Rahmad, S, T. 2018. Pola Asuh Efektif Untuk Mendidik Anak Di Era Digital. Jakarta: Rineka Cipta.

Santrock, J, W. 2011. Psikologi Perkembangan 7ed. Terjemahan: S. Genis. Jakarta : Erlangga.

Susanti, A. D. 2018. Pengaruh Pemanfaatan Gadget Dalam Aktifitas Belajar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PPKN Siswa diKelas XI IIS SMA Negeri 1 Seputih Mataram, Skripsi. Fakultas keguruan dan ilmu pendidikan Universitas Lampung,.

Saroinsong, W. P. 2016. Gadget Usage Inhibited Interpersonal Intelligence Of Children On Ages 6-8 Years Old. Journal of Scientific, Technology, Educational. 775–781.

Tara, L., Nurmalisa, & Yunisca. 2014. Pengaruh Penggunaan Gadget Pada Peserta Didik Terhadap Interaksi Sosial. Jurnal kultur demokrasi. 2(2), 5-7.




DOI: https://doi.org/10.51849/j-p3k.v2i2.70

Refbacks

  • There are currently no refbacks.