Pengembangan LKPD Larutan Penyangga Berbasis Proyek yang Terintegrasi Nilai Karakter

Nurazlina Nurazlina, Rayandra Asyhar, M. Dwi Wiwik Ernawati

Abstract


Kemenristekdikti telah menetapkan nilai-nilai pendidikan karakter sebagai prioritas pengembangan Penguatan Pendidikan Karakter yang terdiri atas lima nilai utama yaitu religius, nasionalis, integritas, mandiri dan gotong royong. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD yang terintegrasi dengan pendidikan karakter yang layak menurut para ahli dan menarik menurut penilaian peserta didik. Penelitian desain dan pengembangan kependidikan ini menggunakan model ADDIE. Data bersifat kualitatif dan kuantitatif yang bersumber dari ahli, praktisi dan peserta didik dengan menggunakan instrumen validasi dan angket respon peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan desain berurutan eksploratori. Data kualitatif dianalisis dan dilakukan interprestasi data, sedangkan data kuantitatif dari angket respon peserta didik dianalisis dengan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kelayakan media LKPD terintegrasi nilai karakter peserta didik pada materi larutan penyangga berbasis proyek memperoleh penilaian sangat baik (sangat layak) berdasarkan penilain ahli media, ahli materi dan ahli pedagogik. Hasil penilain guru juga memperoleh penilaian yang sangat baik. Respon peserta didik pada uji coba kelompok kecil memperoleh hasil yang sangat baik atau sangat menarik. Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa produk LKPD terintegrasi nilai karakter peserta didik pada materi larutan penyangga berbasis proyek layak dan menarik digunakan sebagai media pembelajaran.

Keywords


HOTS; Larutan Penyangga; LKPD; Nilai Karakter; Peserta Didik; PjBL.

Full Text:

PDF

References


Furi, L. M. I., Handayani, S., & Maharani, S. (2018). Eksperimen model pembelajaran project based learning dan project based learning terintegrasi stem untuk mengingkatkan hasil belajar dan kreativitas siswa pada kompetensi dasar teknologi pengolahan susu. Jurnal Penelitian Pendidikan, 35(1), 49-60.

Kemdikbud. (2013). Model Pengembangan Berbasis Proyek (Project Based Learning). Di akses dari http//www.staff.uny.ac.id pada tanggal 10 November 2021.

Lestari, B. & Fatmawati, L., (2022). LKPD Digital Berbasis Soal HOTS pada Pembelajaran Tematik untuk Mengembangkan Critical Thinking Skill. Proceedings Series on Social Sciences & Humanities, 3, 421-427.

Nabilah, S., Nursan, M., & Suparyana, P. K. (2021). Sosialisasi penggunaan aplikasi zoom meeting dan google classroom pada guru di SDN 17 mata air padang selatan. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(12), 1–4.

Nainggolan, B., Hutabarat, W., & Gultom, L. (2019). Pengembangan Penuntun Praktikum Kimia Inovatif Terintegrasi Pembelajaran Berbasis Proyek dan Karakter Pada Materi Koloid. Jurnal Inovasi Pembelajaran Kimia (Journal Of Innovation in Chemistry Education), 1(2), 50-57.

Ningrum, L. S., Supardi, K. I., Jumaeri, J., & Haryani, S. (2020). Pengembangan Karakter Religius Peserta Didik Melalui Pembelajaran Kimia Materi Hidrokarbon SMK. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 14(1), 2490-2497.

Savitri, Dkk. (2016). “Respon Siswa Terhadap E-comic Bilingual Saluran dan Kelenjar Pencernaan”. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, Vol. 5, No. 8.




DOI: https://doi.org/10.51849/j-p3k.v3i3.192

Refbacks

  • There are currently no refbacks.