Hubungan Komformitas Teman Sebaya dengan Sikap Terhadap Perilaku Seksual pada Remaja Di SMA Krakatau Medan

Dita Amalia Sardi Malau, Istiana Istiana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara komformitas teman sebaya dengan sikap terhadap perilaku seksual. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain korelasional.hipotesis yang diajukan : ada hubungan yang positif antara komformitas teman sebaya dengan sikap terhadap perilaku seksual dan adanya perbedaan sikap terhadap perilaku sexual antara laki-laki dan perempuan.dalam hal ini remaja yang memiliki kompormitas teman sebaya yang tinggi akan lebih bersikap positif terhadap perilaku seksual, sebaliknya remaja yang memiliki komformitas teman sebaya yang rendah akan lebih negatif sikapnya terhadap perilaku seksual. Sampel penelitian ini adalah siswa-siswi SMA Krakatau Medan berjumlah 118 orang teknik pengambilan sample adalah total sampling. Metode pengumpulan data menggunakan skala likert untuk skala kompormitas teman sebaya dan sikap terhadap perilaku sexual. Analisis data menggunakan Product Moment dan Anava satu jalur berdasarkan hasil perhitungan analisis Product Moment diperoleh koefisien hubungan sebesar 0,45; p = 0,000 (p < 0,050) artinya ada hubungan yang signifikan antara komformitas teman sebaya dengan sikap terhadap perilaku sexual. Komformitas teman sebaya menyumbang atau mempengaruhi sikap terhadap perilaku seksual sebesar 16,4 %. Sedangkan nilai koefisien anava satu jalur sebesar 18,657; p = 0,000 (p < 0,050) artinya ada perbedaan sikap terhadap perilaku sexual antara laki-laki dan perempuan.

Keywords


Komformitas Teman Sebaya; Sikap Terhadap Perilaku Seksual; Remaja

Full Text:

PDF

References


Ali, & Ansari. (2010). Psikologi Remaja: Perkembangan Peserta Didik. Bumi Aksara: Jakarta.

Arikunto, S. (2005). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka.

Asriani, S. (2004). Hubungan Antara Harga Diri Dengan Sikap Terhadap Seks Bebas Pada Remaja di SMP Shandy Putera Medan. Medan: Fakultas Psikologi Universitas Medan Area.

Azwar, S. (2005). Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Azwar, S. (2007). Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Baron, R. A., & Byrnee, D. (2005). Psikologi Sosial Jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Chintya, T. (2007). Hubungan Antara Komformitas Kelompok Dengan Perilaku Seks Bebas Pada Remaja. Fakultas Psikologi Universitas Gunadarma.

Desmita. (2005). Psikologi Perkembangan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Hurlock, E. B. (1990). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga.

Hutagalung, I. (2007). Pengembangan Kepribadian Tinjauan Praktis Pribadi Positif. Jakarta: PT Indeks.

Khafini, M. (2010). Hubungan Antara Komformitas Dengan Motivasi Belajar Pada Siswa-siswi SMP Istiqlal Deli Tua. Medan: Fakultas Psikologi Universitas Medan Area.

Monks, F. J. (2001). Psikologi Perkembangan: Penghantar Dalam Berbagai Bagiannya. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Natalia, R. G. (2011). Perbedaan Sikap Terhadap Seks Bebas Ditinjau Dari Locus Of Control Pada Remaja di SMA Kartika 1-2 Medan. Medan: Fakultas Psikologi Universitas Medan Area.

Nisfiannooer, M. (2009). Pendekatan Statistika Untuk Ilmu Sosial. Jakarta: Salemba Humanika.

Oktamilia, E. (2010). Hubungan Antara Harga Diri Dengan Perilaku Seksual Pada Remaja Berpacaran di Kelurahan Langan Jaya 1 Kabupaten Dharmasraya Sumatera Barat. Medan: Fakultas Psikologi Universitas Medan Area.

Prihastuti, E. (2010). Hubungan Minat Terhadap Media Pornografi Dengan Perilaku Seksual Pada Remaja di SMU Swasta Taman Siswa Cabang Binjai. Medan: Fakultas Psikologi Universitas Medan Area.

Santrock, J. W. (2003). Adolescence Perkembangan Remaja Edisi Keenam. Jakarta: Erlangga.

Sarwono, S. W. (2009). Penghantar Psikologi Umum. Jakarta: Rajawali Pers.

Sarwono, S. W. (2005). Psikologi Kelompok dan Psikologi Terapan. Jakarta: Balai Pustaka.

Sarwono, S. W. (2008). Psikologi Remaja. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Widodo, U. P. (2010). Perilaku Seks Bebas Pada Seorang Alkoholik. Fakultas Psikologi Universitas Gunadarma.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.