Hubungan Interaksi Sosial dengan Motivasi Kerja Karyawan PT Perkebunan Nusantara II

Mustika Tarigan, Nini Sri Wahyuni, Rahmat Syaibani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menguji secara empirik apakah ada hubungan antara interaksi sosial dengan motivasi kerja karyawan PT Perkebunan Nusantara II. Subjek penelitian adalah karyawan yang bekerja di PT Perkebunan Nusantara II yang berjumlah 74 orang. Alat ukur yang digunakan adalah instrumen interaksi sosial yang terdiri dari 40 aitem (α = 0.948) dan instrumen motivasi kerja yang terdiri dari 38 aitem (α = 0.906). Analisis data menggunakan teknik r Product Moment. Berdasarkan analisis data, diperoleh bahwa hipotesis yang diajukan dalam peneltian ini dinyatakan diterima, yaitu ada hubungan antara interaksi sosial dengan motivasi kerja karyawan. Artinya semakin baik interaksi sosial maka semakin tinggi motivasi kerja karyawan. Hal ini dibuktikan melalui perhitungan analisis r Product Moment dengan nilai atau koefisien (Rxy) = 0.397 dan koefisien determinan (R2) = 0.158 dengan p = 0.000 < 0.050. Koefisien determinan (R2) = 0.158 menunjukkan bahwa interaksi sosial berhubungan dengan motivasi kerja sebesar 15,8%. Selanjutnya dilihat dari perhitungan mean hipotetik = 100 dan mean empirik 119.135 serta standat deviasi = 14.359 diketahui bahwa interaksi sosial dalam kategori baik. Sedangkan motivasi kerja dari perhitungan mean hipotetik = 95.00 dan mean empirik 116.648 serta standart deviasi = 12.444 diketahui bahwa motivasi kerja dalam kategori tinggi.

Keywords


Interkasi Sosial; Motivasi Kerja; Karyawan

Full Text:

PDF

References


Bolman, E. G. (1998). Effective Small Group Communication. Minnesotta: Burgess Publishing Company.

Gibson, J. L., Ivancevich, J. M., & Donnelly, J. H. (1990). Organisasi: Perilaku, Struktur, Proses. Jakarta: Erlangga.

Ginting, L. (2004). Hubungan Antara Persepsi Terhadap Makna Kerja Dengan Motivasi Kerja Para Pegawai Biro di POLDA Sumatera Utara. Medan: Fakultas Psikologi Universitas Medan Area.

Ibrahim. (1999). Aspek-aspek dalam Motivasi Kerja.

Mangkunegara. (2002). Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: Rosdakarya.

Munandar, A. S. (2001). Psikologi Industri Organisasi. Jakarta: Universitas Indonesia.

Nency, Y. F. (2007). Hubungan Kepuasan Kerja Dengan Motivasi Kerja Karyawan (Studi di PT PLN (Persero) Distribusi Jawa Timur Area Pelayanan dan Jaringan Malang). Malang: Universitas Islam Negeri Malang.

Soekanto, S. (1991). Suatu Pengantar Sosiologi. Jakarta: Rajawali Press.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.