Hubungan Sense of humor dengan Depresi pada Remaja Putri di Pondok Pesantren Hidayatullah

Firmawati Firmawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan depresi dengan sense of humor pada remaja putri di Pondok Pesantren Hidayatullah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasi, pengambilan sampel menggunakan study populasi. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 40 santri putri di Pondok pesantren Hidayatullah. Instrumen yang digunakan adalah angket sense of humor menurut Eysenck (dalam Safarian dan Saputra, 2009) dengan angket depresi berdasarkan teori Beck (dalam Lubis 2009). Penelitian dianalisis dengan menggunakan teknik korelasi product moment dan bantuan program SPSS 24.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara sense of humor dengan depresi pada remaja putri di pondok pesantren Hidayatullah sebesar 35.6%. Kondisi tersebut menjelaskan bahwa para santri di pondok pesantren Hidayatullah merasa nyaman dan lebih mudah menggunakan sense of humor sebagai media untuk mengatasi depresi yang mereka hadapi.

Keywords


Depresi; Sense of Humor; Remaja

Full Text:

PDF

References


Ardjanam. (2007). Dipetik Februari 23, 2020, dari http://hakimatulmahmudah.wordpress.com

Bastaman. (2007). Logo Terapi: Psikologi Untuk Menemukan Makna Hidup dan Meraih Hidup Bermakna. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Brizendine. (2005). Dipetik Januari 24, 2020, dari http://journal.uad.ac.id/article

Frankel, J. P., & Wallen, N. E. (2008). How to Design and Evaluate Research in Education. New York: McGraw-Hill Companies, Inc.

Hartanti. (2008). Apakah Selera Humor Menurunkan Stres? Sebuah Meta-analisis. Anima. Indonesian Psychologycal Journal , 38-55.

Hasan, I. (2012). Pokok-Pokok Materi Statistik 1 (Statistik Deskriptif). Jakarta: Bumi Aksara.

Hurlock, E. B. (2011). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Jones, C. L. (2010). The Relationship Between Health Status, Life Satisfaction, and Humor as a Coping Mechanism Among Noninstitutionalized. The Florida State University College of Education.

Looker, T., & Gregson, O. (2005). Managing Stress: Mengatasi Stres Secara Mandiri. Yogyakarta: BACA.

Lubis, N. L. (2009). Depresi dan Tinjauan Psikologis. Jakarta: Prenada Media Group.

Ripa, E. (2010). Hubungan Antara Sense of Humor Dengan Kreativitas pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 13 Malang. Malang: Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim.

Safaria, T., & Saputra, N. E. (2009). Manajemen Emosi: Sebuah Panduan Cerdas Bagaimana Mengelola Emosi Positif dalam Hidup Anda. Jakarta: Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.