Adaptasi Moral Reasoning Development Intervention untuk Meningkatkan Moral Reasoning Remaja dengan Riwayat Mencuri

Dinda Dian Citra Ramadhanty, Inge Uli Wiswanti

Abstract


Dengan berbagai perubahan dan pengalaman baru yang terjadi pada tahap remaja, perkembangan moral remaja menjadi salah satu aspek penting yang perlu diperhatikan. Penalaran moral adalah kemampuan individu untuk berpikir berdasarkan pertimbangan dan penilaian moral akan situasi yang dihadapi. Penalaran moral sebagai salah satu aspek perkembangan moral dipercaya dapat menjadi penghambat munculnya kenakalan pada remaja, termasuk mencuri. Moral Reasoning Development Intervention (MRDI) merupakan salah satu intervensi yang terbukti dapat meningkatkan penalaran moral individu pada pasien dari usia remaja hingga dewasa. Pada penelitian ini, peneliti ingin mengetahui lebih lanjut mengenai pengaruh dari pemberian MRDI dengan adaptasi yang sudah dilakukan terhadap peningkatan penalaran moral remaja dengan riwayat mencuri. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus, dengan partisipan seorang remaja perempuan yang memiliki riwayat mencuri dan perkembangan penalaran moral yang belum matang. Partisipan akan diberikan MRDI dan perubahan yang muncul akan diukur secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan penalaran moral secara kuantitatif dan kualitatif pada sesi follow-up, 1 bulan setelah sesi berakhir,  tetapi tidak muncul pada sesi post-test. MRDI dapat meningkatkan penalaran moral remaja dengan riwayat mencuri secara jangka panjang dengan bantuan dari diskusi teman sebaya dan pengalaman menghadapi dilema moral secara nyata.


Keywords


Intervensi; Mencuri; Penalaran Moral; Remaja

Full Text:

PDF

References


American Psychiatric Association. (2013). Diagnostic and statistical manual of mental disorder. Washington, DC: APA.

Amrah, A. (2013). Perkembangan Moral Anak Usia Sekolah Dasar. Publikasi Pendidikan, 3(1).

Grant, J. E., Potenza, M. N., Krishnan-Sarin, S., Cavallo, D. A., & Desai, R. A. (2011). Stealing among high school students: Prevalence and clinical correlates. The journal of the American Academy of Psychiatry and the Law, 39(1), 44.

Gravetter, J. F., & Forzano, L. B. (2012). Research methods for the behavioral sciences (4. Baskı). USA: Linda Schreiber-Ganster.

Ho, N. J. (2007). A cross-sectional analysis of bullying and stealing behaviors in a nation-wide sample of early adolescents. University of California, San Diego.

Hsu, M. C., & Ouyang, W. C. (2022). Effects of integrated moral reasoning development intervention for management of violence in schizophrenia: a randomized controlled trial. Journal of clinical medicine, 11(5), 1169.

Kohlberg, L., & Hersh, R. H. (1977). Moral development: A review of the theory. Theory into practice, 16(2), 53-59.

Kohlberg, L. (1987). Child Psychology and childhood education: A cognitive-developmental view. New York: Longman.

Morris, A. S., Eisenberg, N., & Houltberg, B. J. (2011). Adolescent moral development. Encyclopedia of adolescence, 48-55.

Maneiro, L., Gómez-Fraguela, J. A., Cutrín, O., & Romero, E. (2017). Impulsivity traits as correlates of antisocial behaviour in adolescents. Personality and individual differences, 104, 417-422.

Murdwiyono, F. S. (2001). Tahap pertimbangan moral remaja, dan kesesuaiannya dengan perilaku dalam konteks pendidikan moral.

Nucci, L., Narvaez, D., dan Krettenauer, T. (2014). Handbook of Moral and Character Education (2nd Ed). Routledge. New York.

Papalia, D.E. & Martorell, G. (2021). Experience human development (14th ed.) McGraw- Hill International Edition

Power, F.C.. (2017). Moral Development. 10.1016/B978-0-12-809324-5.06490-7.

Siregar, R., Taufik, A., & Yustiana, Y. R. (2020, March). Development Of Moral Reasoning Using Cognitive Behavioral Therapy. In International Conference on Elementary Education(Vol. 2, No. 1, pp. 495-505).

Unayah, N., & Sabarisman, M. (2015). Fenomena kenakalan remaja dan kriminalitas. Sosio Informa: Kajian Permasalahan Sosial dan Usaha Kesejahteraan Sosial, 1(2).




DOI: https://doi.org/10.51849/j-p3k.v5i1.301

Refbacks

  • There are currently no refbacks.