Pengaruh Iklim Organisasi dan Tipe Kepribadian Terhadap Stres Kerja Pegawai Negeri Sipil Di Kantor Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Di Provinsi Sumatera Utara

Anggi Tri Lestari Purba

Abstract


Stres merupakan hal yang berbeda untuk orang yang berbeda. Banyak orang menggambarkannya sebagai perasaan tegang, cemas, atau khawatir. Secara ilmiah, perasaan-perasaan ini adalah semua manifestasi dari pengalaman stres, respons terprogram yang kompleks terhadap ancaman yang dirasakan yang dapat memiliki hasil positif dan negatif. Adanya banyak faktor yang menyebabkan timbulnya stres kerja pada karyawan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh iklim organisasi dan tipe kepribadian terhadap stres kerja pegawai negeri sipil di kantor badan Kesatuan Bangsa dan Politik di provinsi Sumatera Utara. Hipotesis yang diajukan adalah adanya pengaruh antara iklim organisasi dan tipe kepribadian terhadap stres kerja pada pegawai negeri sipil Kesabangpol di provinsis Sumatera Utara. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 73 orang. Teknik pengambilan sampel adalah total sampling. Metode pengumpulan data adalah skala iklim organisasi, tipe kepribadian, dan stres kerja. Analisa data menggunakan analisis kovarian. Subjek pada penelitian ini memiliki tipe kepribadian yang berbeda dimana tipe A lebih tinggi dibandingkan tipe B dan stres kerja yang tergolong cendrung tinggi.

Keywords


Iklim Organisasi; Stres Kerja; Kepribadian

Full Text:

PDF

References


Abdillah, Anita & Anugerah. 2016. Dampak Iklim Organisasi Terhadap Stres Kerja dan Kinerja Karyawan

Davis, Keith & John Newstrom. 2004. Perilaku Dalam Organisasi. Edisi ketujuh. Jakarta: Erlangga. Jurnal Manajemen/Volume XX, No. 01. Universitas Riau.

Khairunnisah. 2015. Pengaruh Iklim Organisasi Terhadap Stres Kerja Pada Karyawan PT Pupuk Iskandar Muda Lhoksumawe. Fakultas Psikologi. Universitas Sumatera Utara

Luthans, Fred. 2011. Organizational Behavior: An Evidence-Based Approach. New York: McGraw-Hill.

McShane, Steven L and Von Glinow, Mary A. (2010). Organizational Behaviour Emerging Knowledge and Practice for The Real World. 5th Edition. New York: McGraw-Hill.

Moorhead, Gregory dan Ricky W. Griffin. 2013. Perilaku Organisasi: Manajemen Sumber Daya Manusia dan Organisasi. Edisi kesembilan. Jakarta: Salemba Empat.

Munandar, Ashar Sunyoto. 2006. Psikologi Industri dan Organisasi. Jakarta: Universitas Indonesia (UI-Press).

Rani, Deasy Amalia. 2007. Hubungan antara iklim Organsiasi dengan Peluang Untuk Berkreasi Pada Karyawan Desain PT. Batik Dahar Hadi. Program Studi Psikologi Fakultas Kedokteran. Universitas Diponegoro

Robbins, Stephen P. 2006. Perilaku Organisasi. Edisi kesepuluh. Jakarta: PT Indeks Kelompok Gramedia.

Robbins, Stephen P & Judge, Timothy A. 2013. Organizational Behavior. 15th Edtion. New Jersey: Pearson Education.

Shovia R E. 2010. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Stres Kerja Karyawan Pearushaan Daerah Jasa Transportasi Transpakuan Bogor. Bogor: Institut Petanian Bogor.

Stringer, Robert. 2002. Leadership and Organizational Climate: The Cloud Chamber Effect. Upper Saddle River, NJ: Prentice Hall.

Wirawan. 2007. Budaya dan Iklim Organisasi: Teori, Aplikasi dan Penelitian. Jakarta: Salemba Empat.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.