Prokrastinasi Akademik Ditinjau Dari Kontrol Diri Pada Siswa-Siswi SMA Swasta Ar-Rahman Medan

Dewinta Widyastari, Diny Atrizka, Beby Ramadhani, Devi S Damanik

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kontrol diri dan prokrastinasi akademik. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah ada hubungan negatif antara kontrol diri dengan prokrastinasi akademik dengan asumsi semakin tinggi kontrol diri yang dimiliki siswa-siswi, maka semakin rendah prokrastinasi akademik yang dimiliki siswa-siswi dan sebaliknya. Subjek penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa-siswi SMA Swasta Ar-Rahman Medan sebanyak 127 orang yang dipilih dengan metode disproportionate stratified random sampling. Data diperoleh dari skala untuk mengukur prokrastinasi akademik dan kontrol diri. Perhitungan dilakukan dengan melalui uji prasyarat analisis (uji asumsi) yang terdiri dari uji normalitas dan uji linearitas. Analisis data yang digunakan adalah menggunakan korelasi Product Moment melalui bantuan SPSS 17 for Windows. Hasil analisis data menunjukkan koefesien korelasi sebesar -0.698 dengan p sebesar 0,000 (p < 0,05). Artinya ada hubungan negatif antara kontrol diri dengan prokrastinasi akademik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sumbangan yang diberikan variabel kontrol diri terhadap prokrastinasi akademik adalah sebesar 48.7 persen dan selebihnya 51.3 persen dipengaruhi oleh faktor lain. Dari hasil penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa hipotesis penelitian ada hubungan negatif antara kontrol diri dan prokrastinasi akademik, dapat diterima.

Keywords


Kontrol Diri; Prokrastinasi Akademik.

Full Text:

PDF

References


Afriyeni, N., & Winarno, H. M. (2014). Hubungan antara Efikasi Diri dengan Prokrastinasi Akademik pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 9 Padang. Jurnal Antropologi Vol. 16 No. 2 Tahun 2014.

Ali, M., & Asrori, M. (2011). Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Bumi Aksara.

Clara, C., Agoes, D., & Debora, B. (2017). Peran Self-eficacy dan Self-control terhadap Prokrastinasi Akademik pada siswa SMA (studi pada siswa SMA X Tanggerang). Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, dan Seni Vol. 1 No. 2 Tahun 2017.

Fajarwati, S. (2015). Hubungan antara Self control dan Self efficacy dengan Prokrastinasi Akademik pada mahasiswa BK UNY yang sedang menyusun skripsi. Jurnal Psikologi Prndidikan dan Pendidikan Vol. 8 No. 4 Tahun 2015.

Fitriya., Lukmawati. (2016). Hubungan antara Regulasi Diri dengan Perilaku Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) Mitra Adiguna Palembang. Jurnal Psikologi Islami Volume 2 Nomor 1 Tahun 2016.

Ghufron, M. N., & Rini, R. S. (2016). Teori-teori Psikologi. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Hidayah, N., & Atmoko, A. (2014). Landasan Sosial Budaya dan Psiologis Pendidikan; terapannya di kelas. Malang: Gunung Samudra.

Khotimah, R. H., Carolina L. R., & Dany, M. H. (2016) Hubungan antara Konsep Diri Akademik, Efikasi Diri Akademik, Harga Diri dan Prokrastinasi Akademik pada Siswa SMP Negeri di Kota Malang. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling Vol. 1 No. 2 Tahun 2016.

Nitami, M., Daharnis., Yusri. (2015). Hubungan Motivasi Beljar dengan Prokrastinasi Akademik Siswa. Jurnal Konselor Volume 4 Number 1 March 2015.

Prasetyo, B., & Jannah, L. M. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Teori dan Aplikasi. Depok: PT. Raja Grafindo Persada.

Priyatno, D. (2011). Buku Saku Analisi Data SPSS. Yogyakarta: Media Kota.

Purwanti, M., Purwanti., & Sri. L. (2016). Pengaruh Kontrol Diri terhadap Prokrastinasi Akademik peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Sungai Ambawang. Jurnal Pendidikan Vol. 5 No. 8 Tahun 2016.

Safitri, A. (2018). Hubungan Dukungan Sosial Orangtua terhadap Prokrastinasi Akademik dalam menyelesaikan Skripsi. Jurnal Insight Fakultas Psikologi Vol. 14 No. 2 Oktober 2018.

Sagala, S. (2013). Etika dan Moral Pendidikan Peluang dan Tantangan. Jakarta : Kencana.

Sisdiknas. (2014). Undang-undang RI nomor 20 tahun 2003. Bandung: Citra Umbara.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumanto. (2014). Psikologi Umum. Yogyakarta: PT. Buku Seru.

Thalib, S. B. (2010). Psikologi Pendidikan Berbasis Analisis Empiris Apikatif. Jakarta: Kencana.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.