Gambaran Kecemasan Orang Tua pada Karier Anak Berkebutuhan Khusus

Cristine Roselvia Tri Amelia, Yudi Kurniawan, Feti Pratiwi

Abstract


Orang tua manapun pasti menginginkan anaknya dilahirkan dan tumbuh sempurna. Namun dalam kenyataannya, tidak semua harapan orang tua dapat terwujud. Ada beberapa orang tua yang memiliki anak dengan berkebutuhan khusus. Gangguan perkembangan yang dialami anak berkebutuhan khusus menyebabkan sulit tercapainya tugas perkembangan sesuai dengan usia anak. Kondisi yang dimiliki anak membuat orang tua merasa cemas mengenai masa depan dan juga karier anak. Tujuan dari penelitian ini untuk melihat gambaran kecemasan orang tua terhadap karier anak berkebutuhan khusus serta mengidentifikasi harapan orang tua terhadap karier anak. Subjek yang berpartisipasi dalam penelitian ini adalah orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif studi kasus. Adapun teknik analisa data yang digunakan adalah dengan menggunakan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan /verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada dasarnya kecemasan-kecemasan yang dirasakan oleh para orang tua pada karier anak yang berkebutuhan khusus adalah sama yaitu mengarah kepada adakah perusahaan atau kantor yang mau menerima anak berkebutuhan khusus dengan segala keterbatasannya baik secara kemampuan berpikir ataupun sikapnya, bidang pekerjaan apa yang cocok dan bagaimana anak berkebutuhan khususnya bisa berkomunikasi dengan orang lain di masa kerjanya nanti dengan segala keterbatasan yang dimilikinya baik secara inteligensi ataupun komunikasi. Secara garis   besar dapat disimpulkan bahwa setiap orang tua memiliki kecemasan terhadap karier anak-anak mereka yang berkebutuhan khusus. Namun kecemasan tersebut tidak mematahkan harapan mereka pada kemajuan anak-anak mereka ke arah yang lebih baik.


Keywords


Anak Berkebutuhan Khusus; Karier; Kecemasan

Full Text:

PDF

References


Annisa, D., ; Ifdil. (2016). Konsep Kecemasan (Anxiety) Pada Lanjut Usia (Lansia). Jurnal Konselor Universitas Padang, 5(2), 93–99.

Aqila Smart. (2012). Anak Cacat Bukan Kiamat: Metode Pembelajaran dan Terapi untuk Anak Berkebutuhan Khusus

Ariesta, A. (2016). Kecemasan Orang Tua Terhadap Karier Anak. E-Journal Bimbingan Dan Konseling Edisi 4 Tahun Ke-5, 4, 50–61.

Beny Sulistyo. (2012). Orientasi Karir Siswa Kelas II Jurusan Teknik Pemesinan di SMK Piri Sleman. Tesis. UNY.

Chamidah, atiien N. (2013). Mengenal Anak Berkebutuhan Khusus. Magistra, 2(2), 1–6. https://www.academia.edu/31661651/Mengenal_Anak_Berkebutuhan_Khusus

Depdiknas. (2004). KURIKULUM 2004 Kerangka Dasar. Jakarta.

Idris, M. H. (2017). Anak berbakat (keberbakatan). Jurnal Pendidikan PAUD, 2(1), 35–50.

Karyana, A. &Sri W. (2013). Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Tunadaksa. Jakarta: Luxima.

Mangunsong, F. (2009). Psikologi dan Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Jilid 1. Jakarta: LPSP3 Fakultas Psikologi Universitas Indonesia.

Miles & Huberman. (2007). Analisis Data Kualitatif Buku Sumber tentang Metode- Metode Baru. Terjemahan Tjetjep Rohendi Rohisi. Jakarta: Universitas Indonesia.

Muyasaroh, H. (2020). Kajian Jenis Kecemasan Masyarakat Cilacap dalam menghadapi Pandemi Covid 19. LP2M UNUGHA Cilacap, 3. http://repository.unugha.ac.id/id/eprint/858

Nevid, J. S., Rathus, S. A., & Greene, B. (2005). Psikologi abnormal (alih bahasa). Jakarta : Erlangga.

Pratiwi, M. S. (2011). Psikologi Anak Berkebutuhan Khusus. Semarang : Semarang University Press.

Rachmayana, D. (2016). Menuju Anak Masa Depan yang Inklusif. Jakarta Timur: PT.Luxima Metro Media

Sari , N. P., & Dewi, D. K. (2013). Perbedaan tingkat kecemasan masa depan karir anak ditinjau dari self concept dan persepsi dukungan sosial pada ibu anak tunarungu di SMALB-B Karya Mulia Surabaya. Jurnal Character, 1(1), 1–7.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumirta, I. N., Rasdini, I. A., & Candra, I. W. (2019). Intervensi Kognitif Terhadap Kecemasan Remaja Paska Erupsi Gunung Agung. Jurnal Gema Keperawatan, 12(2), 96–102. https://ejournal.poltekkes- denpasar.ac.id/index.php/JGK/article/download/1017/362




DOI: https://doi.org/10.51849/j-p3k.v4i2.207

Refbacks

  • There are currently no refbacks.