Model Creative Art Dalam Konseling Untuk Meningkatkan Empati dan Hubungan Interpersonal Pada Mahasiswa Politeknik Lp3i Medan Kampus Medan Baru

Ira Kesuma Dewi

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengembangkan model creative art dalam konseling untuk meningkatkan empati dan hubungan interpersonal pada mahasiswa di Politeknik LP3I Medan Kampus Medan Baru. Metode yang digunakan adalah penelitian pengembangan (research and development) Borg and Gall. Pengembangan model creative art dalam konseling ini divalidasi oleh ahli konseling, ahli bahasa, dan di uji kepraktisannya oleh SCC sebagai pengguna model. Untuk mengetahui keberhasilan model creative art dalam konseling digunakan skala empati dan hubungan interpersonal. Data dianalisis dengan menggunakan t-test pada program SPSS Versi 16.0 for windows. Objek dalam penelitian ini adalah mahasiswa Politeknik LP3i Medan terdiri dari 43 Orang. Selanjutnya, mahasiswa yang dijadikan subjek penelitian dipilih secara purposive dengan karakter memiliki skor rendah yang dibagi dalam dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hasil penelitian menunjukkan model creative art dalam konseling efektif digunakan untuk meningkatkan empati dan hubungan interpersonal pada mahasiswa. Nilai t = 0.043 dengan p<0.05, artinya terjadi peningkatan empati pada mahasiswa setelah diterapkan model creative art dalam konseling . Nilai t = 0,046 dengan p<0.05, artinya terjadi peningkatan hubungan interpersonal pada mahasiswa setelah diterapkan model creative art dalam konseling. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan model creative art dalam konseling dapat meningkatkan empati dan hubungan interpersonal pada mahasiswa.

Keywords


Empati; Hubungan Interpersonal; Model Creative Art.

Full Text:

PDF

References


Dian, W., & Srifatmawati, M. (2012). Hubungan Interpersonal. Jakarta: Salemba Humanika.

Gladding, S. T. (1992). Counseling As An Art: the Creative Arts In Counseling. Alexandria: American Association For Counseling and Development.

Mahyudin, A. A. (2009). Menjadi Pemimpin Politik. Jakarta: Gramedia Pustaka utama.

Milfayetty, S. (2017). Innovationn In Teaching and Learning Through Creative Art Model. European Journal of Social Sciences Education and Research, 10(2), 119-124.

Milfayetty, S. (2017). Peningkatan Spiritual Wellness Melalui Konseling dengan Creative Art. Kaunseling Psikoterapi Berperspektif Islam, 63-68.

Prayitno. (2015). Konseling Integritas. Jakarta: Paramitra.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian dan Pengembangan. Bandung: Alfabeta.

Sutanti, T. (2015). Efektivitas Teknik Modeling Untuk Meningkatkan Empati Mahasiswa Prodi BK Universitas Ahmad Dahlan. Jurnal Psikologi Pendidikan & Konseling, 1(2), 188-198.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.