Analisis Bahan Ajar E-Worksheet Mata Kuliah Psikologi Pendidikan Universitas Negeri Medan

Utami Nurhafsari Putri, Sri Milfayetty, Rahmulyani Rahmulyani, Ishaq Matondang

Abstract


Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengembangkan lembar kerja mahasiswa dalam bentuk elektronik atau digital berbasis Outcome-Based Education (OBE)  pada Mata Kuliah Psikologi Pendidikan sesuai kebutuhan pembelajaran menurut penilaian pengguna bahan ajar Mata Kuliah Psikologi Pendidikan yaitu dosen pengampu dan mahasiswa. Data bersifat kualitatif dan kuantitatif yang bersumber dari dosen pengampu mata kuliah dan mahasiswa Mata Kuliah Psikologi Pendidikan di Universitas Negeri Medan. Data diambil menggunakan angket survey dan angket respon yang diberikan menggunakan metode dalam jaringan (daring) melalui proses penyebaran link google form. Subjek uji coba penelitian ini adalah 14 orang dosen pengampu mata kuliah psikologi pendidikan, 569 mahasiswa aktif Universitas Negeri Medan sejumlah 569 orang yang terbagi ke dalam beberapa kategori, yaitu 469 mahasiswa yang sedang mengikuti Mata Kuliah Psikologi Pendidikan tahun ajaran 2022/2023 & 100 mahasiswa siswa yang pernah mengikuti MK Psikologi Pendidikan pada tahun sebelumnya). Data kualitatif dianalisis menggunakan proses kualitatif interpretasi data, sedangkan data kuantitatif dianalisis dengan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Lembar Kerja pada Mata Kuliah Psikologi Pendidikan memperoleh penilaian sangat baik yaitu kesesuaian kebutuhan pembelajaran dengan nilai rata-rata sebanyak >95%. Rata-Rata nilai respon kebutuhan & kesesuaian Lembar Kerja Mata Kuliah Psikologi Pendidikan sebanyak 97,57%. Rata-Rata nilai respon kesesuaian tampilan dan konten Lembar Kerja Mata Kuliah Psikologi Pendidikan sebanyak 95,94%. Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa produk Lembar Kerja Mata Kuliah Psikologi Pendidikan yang dihasilkan telah sesuai dengan kebutuhan pembelajaran dan layak dipergunakan dalam proses pembelajaran mahasiswa Mata Kuliah Psikologi Pendidikan di Universitas Negeri Medan.

Keywords


Lembar Kerja; Pendidikan Berbasis Hasil (OBE); Psikologi Pendidikan

Full Text:

PDF

References


Akbar, Sa’dun. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Ango, B. (2013). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Mata Pelajaran Teknologi.

Arikunto, S. (2017). Pengembangan Instrumen Penelitian dan Penilaian Program. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Azwar, S. (1998). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Darmadi, H. (2013). Dimensi-dimensi Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial. Bandung: Alfabeta.

Daryanto & Dwicahyono, A. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran. Penerbit Gava Media: Yogyakarta.

Depdiknas, (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Depdiknas

Jippes, E.; van Engelen, J.M. L.; Brand, P.L.P. dan Qudkerk, M., (2010), Competency-basedm (CanMEDS) residency training programme in radiology: systematic design procedure, curriculum and success factors, Eur Radiol, 20(4): 967-977

Gall, M. & Borg, W. (1989). Educational Research. New York, London: Longman.

Lampiran Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia (Permenkeu RI) Nomor 119/PMK.02/2020 tentang Standar Biaya Masukan Tahun Anggaran 2021.

Majid, Abdul. (2006). Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Majid, Abdul. (2008).Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nazarudin, (2007), Manajemen Pembelajaran: Implementasi Konsep, Karakteristik dan Metodologi Pendidikan Agama Islam di Sekolah Umum, Yogyakarta: Teras.

Rusman. (2012). Model–Model Pembelajaran. Depok: PT Rajagrafindo Persada

Sugiyono, (2013). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D). Bandung: Alfabeta

Sugiyoni, (2016). Metode Penelitian & Pengembangan Research and Development. Bandung: Alfabeta

Prastowo, A. (2012). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: Diva Press.

Prastowo, A. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Jakarta: Prenadamedia Group.

Pribadi, Benny. A. (2010). Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat.

Riduwan, (2014). Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.

Wahyuni, Sri. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Terintegrasi Imtaq pada Materi Popok Struktur dan Fungsi Jaringan pada Tumbuhan untuk Kelas XI SMA Tahun 2018/2019. Pekanbaru: Publikasi. (Diakses: 10 Januari 2023)

Widyantini, Theresia., (2013). Penyusunan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) sebagai Bahan Ajar. Artikel. Yogyakarta: PPPPTK Matematika.

Furi, LMI, Handayani, S., & Maharani, S. (2018). Eksperimen dengan model pembelajaran berbasis proyek terpadu batang dan pembelajaran berbasis proyek untuk meningkatkan hasil belajar dan kreativitas peserta didik pada kompetensi dasar teknologi pengolahan susu. Jurnal Penelitian Pendidikan, 35(1), 49-60.

Lestari, B. & Fatmawati, L., (2022). LKPD Digital Berbasis Soal HOTS Dalam Pembelajaran Tematik Untuk Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kritis. Seri Prosiding Ilmu Sosial & Humaniora, 3, 421-427.

Nabilah, S., Nursan, M., & Suparyana, PK (2021). Sosialisasi penggunaan Zoom meeting dan aplikasi Google Classroom kepada guru di SDN 17 Springs Padang Selatan. Jurnal Inovasi Riset, 1(12), 1–4.

Nurazlina, dkk. (2022). Pengembangan LKPD Larutan Penyangga Berbasis Proyek yang Terintegrasi Nilai Karakter. Jurnal Penelitian Pendidikan, Psikologi Dan Kesehatan (J-P3K) 2022, Vol. 3 (No. 3): 251-256.




DOI: https://doi.org/10.51849/j-p3k.v4i3.241

Refbacks

  • There are currently no refbacks.