Kecanduan Game Online Ditinjau dari Big Five Personality
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anhar, R. (2014). Hubungan Kecanduan Game Online Dengan Keterampilan Sosial. Skripsi diterbitkan, Fakultas Psikologi, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, Malang.
Bai, F. G. (2015). Perbedaan Tingkat Kecanduan Game Online pada Remaja Antar Gaya Pengasuhan. Skripsi diterbitkan, Fakultas Psikologi, Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta.
Bessma, T.A. (2018). Hubungan Antara Big Five Personality dan Smartphone Addiction pada Mahasiswa. Skripsi diterbitkan, Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta.
Feist, J., & Feist, G. J. (2008). Theories of Personality(Edisi Keenam). Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Griffiths, M. D. (2009). The Role of Context in Online Game Excess and Addiction: Some case study evidence. Int J Ment Health Addiction, 8: 119—125.
Jawa Pos Group. (2017). Sembilan Remaja di Jimbaran Curi Uang Sesari untuk Main Game Online. Retrieved Agust 15, 2019 from https://baliexpress.jawapos.com/read/2017/07/12/818/sembilan- remaja-di-jimbaran-curi-uang-sesari-untuk-main-game-online.
Kurniawan, D.E. (2017). Pengaruh Intensitas Bermain Game Online Terhadap Perilaku Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Universitas PGRI Yogyakarta. Jurnal Konseling GUSJIGANG, III (1), 97-103
Larsen, R.J., & Buss, D.M. (2008). Personality psychology: domains of knowledge about human nature. New York: McGraw-Hill
Lemmens, J. S., Valkenburg, P. M., & Peter, J. (2009). Development andvalidation of a game addiction scalefor adolescents. The Amsterdam School of Communications Research, 12 (2), 77-95.
Masya, H., & Candra, D. A. (2016). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Gangguan Kecanduan Game Online pada Peserta Didik Kelas X di Madrasah Aliyah Al Furqon Prabumulih Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Bimbingan dan Konseling, 3 (1).
Monks, F.J., Knoers, A.M. P. & Haditono, S.R. (2006). Psikologi Perkembangan Pengantar dalam berbagai bagiannya. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press
Roberts, B. W., Lejuez, C., Krueger, R. F., Richards, J. M., & Hill, P. L. (2014). What is conscientiousness and how can it be assessed? Developmental Psychology, 50(5), 1315– 1330. https://doi.org/10.1037/a0031109
Santoso, Y. R., & Purnomo, J. T. (2017). Hubungan Kecanduan Game Online Terhadap Penyesuaian
Sosial pada Remaja. Jurnal Humaniora Yayasan Bina Dharma, IV (1), 027-044.
Santrock, John W. (2011). Perkembangan Anak Edisi 7 Jilid 2. (Terjemahan:Sarah Genis B). Jakarta: Erlangga
Sari, H., & Shabri. (2016). Hubungan tipe Kepribadian dengan Motivasi Belajar pada Mahasiswa Kurikulum Berbasis Kompetensi Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala. Idea Jurnal Nursing, 7 (2), 2087-2879.
Simmering, M. J., Colquitt, J. A., Noe, R. A., & Porter, C. O. L. H. (2003). Conscientiousness, Autonomy Fit, and Development: A Longitudinal Study. Journal of Applied Psychology, 88(5), 954–963. https://doi.org/10.1037/0021-9010.88.5.954
Steinberg, L. (2002). Adolescence. Sixth edition, New York: McGraw Hill Inc.
Tribunnews. (2014). Belasan Siswa Terjaring Razia Saat Bermain Game Online. Retrieved Agust 15, 2019 from http://www.tribunnews.com/regional/2014/01/27/belasan-siswa-terjaring-razia-saat- bermain-game-online.
Wiguna, G.Y; Herdiyanto,Y.K. (2018) Coping pada Remaja yang Kecanduan Bermain Game Online. Jurnal Psikologi Udayana, V(3), 669-678
DOI: https://doi.org/10.51849/j-p3k.v4i2.218
Refbacks
- There are currently no refbacks.