Analisis Penerapan Rujukan Berjenjang Pasien Peserta Bpjs Kesehatan Berdasarkan Ketersediaan Sarana dan Obat di Puskesmas Batanghari

Selvi Herdiani, Adinda Sekarsari, Innocenius Bernarto

Abstract


Sistem layanan kesehatan yang holistik, mencakup aspek promosi, pencegahan, pengobatan, dan rehabilitasi, merupakan inti dari program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Program ini bertujuan untuk mencapai kepesertaan menyeluruh dalam lima tahun, memastikan setiap individu terlindungi dalam asuransi kesehatan sosial nasional. Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan adalah lembaga utama dalam program ini, bertugas meningkatkan akses masyarakat terhadap layanan kesehatan yang komprehensif, bermutu, dan merata. Sistem rujukan pasien merupakan elemen penting dalam menyelenggarakan pelayanan kesehatan yang efektif dan efisien. Namun, dalam implementasinya, terdapat sejumlah permasalahan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data yang lebih komprehensif, valid, reliabel dan objektif. Penelitian ini bersifat deskriptif observasional. Penelitian ini dilakukan di Ruang Administrasi Puskesmas Batanghari dan dilaksanakan pada bulan Maret 2024, Tujuan penelitian ini adalah menganalisis masalah penerapan rujukan berjenjang pasien peserta BPJS Kesehatan di Puskesmas Batanghari berdasarkan ketersediaan sarana dan obat. Masalah yang diidentifikasi meliputi perbedaan interpretasi indikasi merujuk antara dokter di FKTP dan FKRTL, kurangnya sinkronisasi antara FKTP dan FKRTL, serta keinginan pasien untuk dirujuk ke rumah sakit tanpa biaya tambahan karena sudah termasuk dalam iuran JKN dan karena kebiasaan mendapatkan perawatan dari dokter spesialis tertentu.

Keywords


BPJS; JKN; Sarana Prasarana

Full Text:

PDF

References


Akpor, O. A., Akingbade, T. O., & Olorunfemi, O. (2023). Lack of adequate equipment for healthcare–The agony of patients and nurses: A review. Indian Journal of Continuing Nursing Education, 24(1), 7–10.

Chaerunnisa, A., SKM, M. K., & Dewi Yuniar, S. (2023). Manajemen Sumber Daya Manusia Bidang Kesehatan. Deepublish.

Firdiah, M. R., Sriatmi, A., & Fatmasari, E. Y. (2017). Analisis Pelaksanaan Rujukan Rawat Jalan Tingkat Pertama pada Peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan (Studi Kasus di Puskesmas Neglasari Kota Tangerang). Jurnal Kesehatan Masyarakat, 5(3), 19–26.

Undang-undang Republik Indonesia nomor 36 tahun 2009 tentang Kesehatan. J

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2014). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 2014 Tentang Pedoman Pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan Nasional. 634.

Kusumawardhani, O. B., Octaviana, A., & Supitra, Y. M. (2022). Efektivitas Mobile JKN Bagi Masyarakat: Literature Review. 64–69.

Nurhani, N., & Rahmadani, S. (2020). Analisis Pelaksanaan Sistem Rujukan Pasien Bpjs Kesehatan Di Puskesmas Mamasa, Puskesmas Malabo Dan Puskesmas Balla Kabupaten Mamasa. Jurnal Publikasi Kesehatan Masyarakat Indonesia, 7(2), 15–22. https://doi.org/10.20527/jpkmi.v7i2.10168

Oktavianto, F., & Triadi, I. (2023). Peran Jaminan Kesehatan Nasional Pada Pertahanan Negara Di Indonesia Pada Masa Covid-19. Triwikrama: Jurnal Ilmu Sosial, 2(8), 41–50.

Prasetyo, S. D., Rokhman, M. R., & Aditama, H. (2023). Penilaian Mutu Pelayanan Kefarmasian Di Puskesmas. UGM PRESS.

Risky, S., & Nofitasari, A. (2017). Evaluation of the Implementation of a Referral System in the Community Health Center of Abeli, Kendari, Indonesia. Public Health of Indonesia, 3(3), 112–116.

Semarajana, I. N. G., Suwedia, I. N. G. B. W., Daruki, M. W., & Stuti, A. A. I. A. S. (2023). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Tingginya Rujukan Kasus Non Spesialistik Oleh Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama Di Era Jaminan Kesehatan Nasional: Systematic Review. Jurnal Administrasi Rumah Sakit Indonesia, 8(3), 84–93.

TASRIPIN, N. S. (2021). Evaluasi Kinerja Pengelolaan Obat Apotek Komputerisasi dan Non Komputerisasi di Purwokerto.

Ujung, S. R., Hasibuan, I. L., Sagala, R., & Gurning, F. P. (2024). Transformasi Pembiayaan Kesehatan Dalam Program Jaminan Kesehatan Nasional (Jkn) Di Era Digital. Jurnal Kesehatan, 2(1), 65–74.

Widjaja, G. (2024). Pemahaman Tenaga Kesehatan Terhadap Berlakunya Uu No. 17 Tahun 2023. Journal Of Community Dedication, 4(1), 64–76.

Yuna, S. (2021). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Persepsi Sistem Rujukan Pasien Peserta Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (Bpjs) Kesehatan Di Puskesmas Rawasari Kota Jambi Tahun 2021.




DOI: https://doi.org/10.51849/j-p3k.v5i1.293

Refbacks

  • There are currently no refbacks.