Gambaran Stres Orangtua yang Memiliki Anak Autistik Spectum Disorder

Yoni Masdwita Saragih, Steven Steven, Yeni Sarmila, Caylie Carlyn, Riski Herniko Purba, Winida Marpaung, Achmad Irvan Dwi Putra

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis gambaran stres pada orang tua yang memiliki anak autistik spektrum disorder. Pada Penelitian ini, para peneliti menggunakan Pendekatan Kualitatif. Data diperoleh melalui metode wawancara terbuka dan observasi. Sumber data dalam penelitian ini terdiri dari lima orang subjek penelitian yang memiliki kriteria untuk penelitian ini. Dalam pemilihan subjek, teknik yang digunakan adalah Teknik Purposive sampling. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa para orang tua pada awalnya sulit menerima, seiring berjalannya waktu para orang tua atau subjek mulai belajar menerima keadaan anak mereka dan ikhlas serta berusaha merawat anak mereka dengan memberikan terapi baik melalui sekolah maupun secara mandiri di rumah. Anak anak di sekolahkan di SLB agar dapat membantu dalam memberikan terapi sehingga anak-anak dapat mengikuti pembelajaran.


Keywords


Stres; Orangtua; Austistik Spektrum Disorder

Full Text:

PDF

References


Abdussamad, H. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Makassar: Syakir Media Press.

Administrator. (2022). Kementrian RI https://kesmas.kemkes.go.id/konten/133/0/autisme-a-z-webinar peringatan-hari-peduli-autisme-sedunia-2022.

Asri Mutiara Putri, W.P. (2019). Stres pada Orangtua yang memiliki anak dengan Gangguan Spektrum Autisme. Jurnal Psikologi Malahayati. 1(1): 7-13.

Biahimo, Uyuun. N, Firmawati, Nurkholiza. M.S. (2021). Strategi Koping dengan Tingkat Stres Ibu dalam Penerimaan Anak Autis di SLB Kota Gorontalo Jurnal Ilmu Kesehatan, 9 (2)

Daulay, N. (2020). Psikologi Pengasuhan Bagi Orangtua dari Anak-Anak dengan Gangguan Perkembangan Saraf. Jakarta: Prenada Group.

Dewi, Juliningrum & Noviyanti. (2020). Hubungan Spiritualitas dengan Stres Pengasuhan Ibu yang Memiliki Anak Retardasi Mental. Jurnal Keperawatan Sriwijaya. 7(1): 30-31.

Fitriani, Y, Gina. F, Perdhana. S.T. (2021). Gambaran Parenting Stres pada Ibu Ditinjau dari Status Pekerjaan dan Ekonomi dan Bantuan Pengasuhan. Jurnal Psikologi. 10(2).

Hardani, D. (2020). Metode Kualitatif dan Kuantitatif. Yogykarta: Pustaka Ilmu.

Kertiyasa, MB. (2022). Kisah Perjuangan Ibu Hebat Rawat Anak Autisme, Sempat Stres Lihat Kotorannya di Tembok https://lifestyle.okezone.com/read/2022/09/29/612/2677464/kisah-perjuangan-ibu-hebat-.

Kusumastuti, A.N. (2014). Stres Ibu Tunggal yang memiliki Anak Autis . Jurnal Psikologi. 2(7).

Lestari, C. I. (2021). Stres dan Cara Mengatasinya. Penajam: Pasar Utama.

Naomi, Inke. A. P, Samsunuwijati. M. (2022). Pengaruh Stres dan Resiliensi terhadap keterlibatan Orangtua dalam merawat anak Austism Spektrum Disorder selama Pandemi Covid-19. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, Seni. 6: 92-93.

Nugrahani, F. (2014). Metode Penelitian Kualitatif dalam Pendidikan Bahasa Surakarta: Cakra Book.

Nurhastuti, M. I. (2018). Pendidikan Anak Autisme. Jawa Barat: Goresan Pena.

Prasetyaningrum, N. (2018). Observasi : Teori dan Aplikasi dalam Psikologi. Malang: Universitasi Muhammadiyah Malang.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wiramihardja, S. (2017). Pengantar Psikologi Abnormal. Bandung: Refika Aditama.

Yusuf, A. (2014). Metode Penelitian : Kuantiatif, Kualitatif dan Gabungan. Jakarta: Prenada Media.




DOI: https://doi.org/10.51849/j-p3k.v5i1.289

Refbacks

  • There are currently no refbacks.