Religiusitas dan Job Satisfaction terhadap Organizational Citizenship Behavior pada Anggota Brigadir

Hairil Susanto, Widya Puspitasari, Nafia Kusuma

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh religiusitas dan job satisfaction terhadap organizational citizenship behavior. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. menggunakan Sampel penelitian ini berjumlah 122 orang anggota Brigadir polres pamekasan. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala religiusitas central of religiosity (CRS-15) milik Huber, S., & Huber, (2012) yang dikembangkan dari teori Glock dengan estimasi reliabilitas alpha cronbach sebesar 0,689, skala kepuasan kerja The Minnesota Satisfaction Questionnaire (MSQ)yang dikembangkan oleh Weiss, dkk., (1977) yang terdiri dari 20 aitem, yang sudah melalui proses adaptasi ke Bahasa indonesia oleh Putri, (2017) dengan estimasi reliabilitas alpha cronbach sebesar 0,887 dan skala Organizational Citizenship Behavior (OCB) yang dikembangkan oleh Podsakoff, dkk serta telah di adaptasi oleh Kumar dan Shah yang disesuaikan untuk budaya di Asia (Puspitasari, 2017) dengan estimasi reliabilitas alpha cronbach pada setiap aspek dalam rentang 0,67-0,80. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan teknik anakova. Hasil penelitian menunjukan adanya pengaruh religiusitas terhadap organizational citizenship behavior sebesar 7,1%. Selain itu religiusitas juga memiliki pengaruh terhadap organizational citizenship behavior sebesar 6,7%. Penelitian ini menunjukan bahwa anggota brigadir yang sudah menikah memiliki organizational citizenship behavior yang lebih tinggi dibandingkan anggota yang belum menikah dan anggota brigadir yang memiliki pendapatan lebih tinggi memiliki organizational citizenship behavior yang lebih tinggi dibandingkan anggota brigadir dengan pendapatan yang lebih rendah.


Keywords


Religiusitas; Kepuasan Kerj; Organizational Citizenship Behavior.

Full Text:

PDF

References


Akbar, A. (2009). Pengaruh Karakteristik Pekerjaan, Karakteristik Organisasi, dan Karakteristik Individu Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Bank Swasta di Propinsi Sulawesi Selatan. Analisis, 6(2), 183-192.

Allen, N. J., & Meyer, J. P. (1996). Affective, continuance, and normative commitment to the organization: An examination of construct validity. Journal of vocational behavior, 49(3), 252-276.

Ancok, J., & Anshari, F. (2001). Psikologi Islam: Solusi Islam Atas Problema-Problema Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ariyani, M., & Zulkarnain, D. (2017). Organizational Citizenship Behavior (Ocb) Pada Guru Ditinjau Dari Faktor Demografi. JPPP-Jurnal Penelitian dan Pengukuran Psikologi, 6(2), 73-81.

Fadhliansyah. (2018, november 5). motolife. Diakses pada tanggal 10 Desember dari motorplus.gridoto.com: https://motorplus.gridoto.com/read/04280523/waduh-melanggar-peraturan-tiga-polisi-terjaring-operasi-zebra-2018?page=2#!%2F

Fitrianasari, D., Nimran, U., & Utami, H. N. (2013). Pengaruh Kompensasi dan Kepuasan Kerja terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB) dan Kinerja Karyawan (Studi pada Perawat Rumah Sakit Umum “Darmayu” di Kabupaten Ponorogo). PROFIT (JURNAL ADMINISTRASI BISNIS), 7(1).

Gatot, D. B., & Adisasmito, W. (2005). Hubungan karakteristik perawat, isi pekerjaan dan lingkungan pekerjaan terhadap kepuasan kerja perawat di instalasi rawat inap RSUD Gunung Jati Cirebon. Makara, kesehatan, 9(1), 1-8.

Glock., C, Y., & Stark, R. (1994). Religion and Society in Tension. Chicago: Rand McNally and Company.

Huber, S., & Huber, O. W. (2012). The centrality of religiosity scale (CRS). Religions, 3(3), 710-724

Kencanawati, A.A.M. (2014). Gaya kepemimpinan, komitmen organisasi dan kepuasan keeja memengaeuhi organizational citizenship behavior pada PT. (BPR) Cahaya Bina Putra Kerobokan Badung. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan. 10 (1), 44-45.

Kuswardi, J. F., & Haryanti, K. (2014). Hubungan work family conflict (WFC) dengan organizational citizenship behavior (OCB) pada perawat perempuan Rumah Sakit X di Semarang. PSIKODIMENSIA, 13(2).

Luthans, F. (2009). Perilaku Organisasi. Edisi Sepuluh. Yogyakarta: Andy Offset

________. (2006). Perilaku Organisasi. (Ahli Bahasa V.A Yuwono, dkk), edisi Bahasa Indonesia. Penerbit Andi: Yogyakarta.

Nafi, C., & Indrawati, E. S. (2017). Hubungan antara Kepuasan Kerja dengan Organizational Citizenship Behavior pada Karyawan CV. Elfa’s Kudus (Doctoral dissertation, UNDIP).

Organ, D. W., Podsakoff, P. M., & MacKenzie, S. B. (2006). Organizational Citizenship Behavior: Its Nature, Antecedents, and Consequences. SAGE Publications, Inc.

Puspitasari, S, D. (2017). Pengaruh job insecurity dan leader-member exchange terhadap organizational citizenship behavior melalui job satisfaction sebagai variabel mediator pada paramedis kontrak non APBN/APBD di Kabupaten Bondowoso. thesis.

Putri, V, A. (2017). Pengaruh Persepsi Dukungan Atasan Terhadap Kepuasan Kerja dengan Keterikatan Karyawan Sebagai Mediator Di PT.PAL Indonesia (PERSERO). thesis.

Robbins, S.P. (2006). Perilaku Organisasi. Jakarta: Pt. Indeks.

Rohayati, A. (2014). Pengaruh kepuasan kerja terhadap organizational citizenship behavior: Studi Pada Yayasan Masyarakat Madani Indonesia. Study & Management Research. 11 (1), 20-38.

Ruvendi, R. (2018). Imbalan dan gaya kepemimpinan pengaruhnya terhadap kepuasan kerja karyawan di Balai Besar Industri Hasil Pertanian Bogor. Jurnal ilmiah binaniaga, 1(01), 17-26.

Salehi, M., & Gholtash, A. (2011). the relationship between job satisfaction, job burnout, & organizational commitment with the organizational citizenship behavior among members of faculty in the islamic Azad university first distric branches, in order to provide the appropriate model. procedia social and behavioral sciences, 306-310.

Sambung, R. (2011). Pengaruh Kepuasan Kerja Terhadap OCB-I Dan OCB-O Dengan Dukungan Organisasi Sebagai Variabel Moderating (Studi pada Universitas Palangka Raya). Jurnal Analisis Manajemen, 5(2), 77-90.

Sanusi, A. C., Ariana, N., & Ariani, N. M. (2018) Tingkat organizational citizenship behavior (OCB) karyawan di four points seminyak. Jurnal Kepariwisataan dan Hospitalitas, 2(1), 61-83.

Siswanti, Y & Haryadi, A. (2017). Pengaruh Religiousitas terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB) Dimediasi oleh Komitmen Organisasional dan Kepuasan Kerja. Dalam Prosiding National conference on applied business (Vol. 1 Halaman. 277-286) Malang: Pascasarjana UMY

Susanti, R. (2015). Hubungan Religiusitas dan Kualitas Kehidupan Kerja dengan Organizational Citizenship Behavior (OCB) Pada Karyawan. Jurnal Psikologi, 11(2), 94-102.

Tanjung, C. A. (2018, November 6). Berita/Detail Berita. Retrieved from Detiknews: https://news.detik.com/berita/d-4290275/oknum-polisi-divonis-2-tahun-kasus-tppu-jual-beli-trenggiling

Wahyudin., Pradisti, L., Sumarsono., & Wulandari, S. Z. (2018). Dimensi Religiusitas dan Pengaruhnya Terhadap Organizational Citizenship Behaviour (Studi Pada Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto). Jurnal Ekonomi Bisnis dan Akuntansi (JEBA), 20(3).

Wardhani, N., & Dewi, R. (2015). Studi Validitas Isi CRS-15 TII (The Centrality of Religiosity Scale–Untuk Suasana Tradisi Keberagamaan Islam Di Indonesia. Prosiding SNaPP: Sosial, Ekonomi dan Humaniora, 5(1), 749-754

Weiss, D., Dawis, R., England, G., & Lofquist, L. (1977). Minnesota Satisfaction questionnaire (short form). Vocational Psychology Research, Manual for the minnesota satisfaction questionnaire, University of Minnesota.




DOI: https://doi.org/10.51849/j-p3k.v3i3.174

Refbacks

  • There are currently no refbacks.