Pengaruh Belanja Online di Media Sosial terhadap Perilaku Konsumtif pada Mahasiswa di Universitas Medan Area

Nini Sri Wahyuni, Istiana Istiana

Abstract


Perkembangan teknologi yaitu internet semakin berkembang, memudahkan para penggunanya mengakses segala sesautu dari mana saja dan kapan saja seperti hal nya berbelanja online. Para masyarakat khususnya di kalangan mahasiswa sangat menyukai berbelanja online karna dianggap lebih mudah dan jauh lebih efisien ketimbang harus berbelanja secara langsung. Hal ini menjadi suatu kebiasaan bagi para mahasiswa untuk terus berbelanja dan menimbulkan perilaku konsumtif terhadap mahasiswa dimana mereka mulai berbelanja bukan lagi membeli barang karena kebutuhan ataupun membeli sesuatu secara berlebihan tanpa pertimbangan terlebih dahulu. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah kuantitatif. Metodelogi kuantitatif dalam penilitian ini dengan menggunakan metode survei yaitu metode penelitian yang menggunakan kuesioner sebagai instrumen utama untuk mengumpulkan data. Dalam penelitian ini, kuesioner akan disebar kepada mahasiswa di Universitas Medan Area.


Keywords


Belanja Online; Media Sosial; Perilaku Komsumtif.

Full Text:

PDF

References


Ancok, D. 1995. Nuansa Psikologi Pembangunan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Aprilia, Dewi. Analisis Sosiolohis Perilaku Konsumtif Mahasiswa. Jurnal Sosiologi, Vol. 15, No.1:72-86, hlm. 73

Elissa, Ingge & Mujiyana. 2013. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Via Internet pada Toko Online. Jurnal Ekonomi Manajemen.Universitas Diponegoro, Semarang.

Harahap, D. A., & Amanah, D. (2018). Perilaku Belanja Online Di Indonesia: Studi Kasus. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia (JRMSI).

Kaplan, AndreasM.; Michael Haenlein [2010] "Users of the world, unite! The challenges and opportunities of Social Media". Business Horizons 53(1): 59–68

Patricia, N., L. & Handayani, S. 2014. Pengaruh Gaya Hidup Hedonis Terhadap Perilaku Konsumtif Pada Pramugari Maskapai Penerbangan “X”. Jurnal: Universitas Esa Unggu Jakarta.

Prabowo dan Suwarsi, “Pengaruh Shopping Orientations dan Gender Differences pada Online Information Search dan Online Purchase”, Fokus Manajerial, Vol. 7, No. 2, 2009




DOI: https://doi.org/10.51849/j-p3k.v3i2.170

Refbacks

  • There are currently no refbacks.