Pengaruh Pendidikan Dan Pelatihan Terhadap Kinerja Melalui Kompetensi Bidan: Studi Kuantitatif

Azmin Said Telaumbanua, Yeni Absah

Abstract


Kinerja individu sangat mempengaruhi hasil dalam sebuah tugas yang kerjakan. Namun untuk mendapatkan hasil yang maksimal maka diperlukan pencapaian kompetensi yang baik melalui keikutsertaan dalam program pendidikan dan pelatihan/diklat. Kompetensi yang rendah diduga dipengaruhi oleh pendidikan dan pelatihan/diklat yang kurang efektif, salah satunya disebabkan karena kurangnya pelaksanaan kegiatan Diklat itu sendiri. Tujuan umum dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendidikan dan pelatihan/diklat terhadap kinerja melalui kompetensi bidan di UPTD Puskesmas Kecamatan Gunungsitoli.Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan metode kausalitas yang tujuan untuk melihat sebab akibat antara variable dan desain yang digunakan adalah cross sectional. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh bidan di wilayah kerja UPTD Puskesmas Kecamatan Gunungsitoli berjumlah 96 orang dan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dimana pemilihan sampel berdasarkan kriteria yang ditentukan oleh peneliti yaitu bidan ASN yang pernah mengikuti pendidikan dan pelatihan/diklat berjumlah 55 orang. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan kuesioner yang telah dilakukan uji validasi dan hasil dari pengumpulan data penelitian di analisis menggunakan uji analisis path. Sesuai dengan hasil uji yang didapatkan nilai P-value yaitu 0,000 yang artinya lebih kecil dari 0,05. Dari hasil uji tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa pendidikan dan pelatihan sangat berpengaruh terhadap kinerja, dimana bidan yang sudah mengikuti pendidikan dan pelatihan memiliki kinerja yang baik daripada bidan yang belum mengikuti pendidikan dan pelatihan dilihat dari segi manajemen dan pelayanan. Dalam penelitian ini kompetensi berpengaruh besar dalam penilaian kinerja, dimana kompetensi digunakan sebagai alat ukur yang dapat menentukan baik tidaknya suatu kinerja. Hal ini juga terjawab dari hasil penelitian dimana nilai kompetensi dengan P-value 0,000 yang artinya lebih kecil dari 0,05. Dari hasil tersebut dapat diketahui bahwa bidan yang memiliki kompetensi memiliki kinerja yang baik dan sebaliknya jika bidan tidak memiliki kompetensi maka kinerjanya kurang baik. Dari Hasil penelitian yang sudah dilakukan maka dapat disimpulkan adanya pengaruh pendidikan dan pelatihan/diklat terhadap kinerja melalui kompetensi bidan. Untuk selanjutnya hasil penelitian ini dapat menjadi dasar bagi puskesmas dalam mengembangkan kompetensi dan kinerja staf dan pegawai yang bekerja di wilayah kerja UPTD Puskesmas Kecamatan Gunungsitoli baik bidan ASN maupun bidan tenaga sukarela dengan tujuan adanya peningkatan mutu dan kinerja.

Keywords


Pendidikan; Pelatihan; Kompetensi; Kinerja

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, Fatoni. (2017). Organisasi dan Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta.

Fathoni, A. (2007). Manajemen Sumber daya Manusia. Rineka Cipta.

IBI. (2017). Ikatan Bidan Indonesia. www.ibi.or.id

Purnomo, D., Sudana, I. P., & Sasrawan Mananda, I. G. (2016). Pengaruh Pendidikan Dan Pelatihan Terhadap Kompetensi Serta Dampaknya Pada Kine Pramuwisata Bali. Jurnal IPTA.

Ikatan Bidan Indonesia. (2017). www.ibi.or.id

Undang Undang Kebidanan Tahun 2019

Purnomo, D., Sudana, I. P., & Sasrawan Mananda, I. G. (2016). Pengaruh Pendidikan Dan Pelatihan Terhadap Kompetensi Serta Dampaknya Pada Kine Pramuwisata Bali. Jurnal IPTA,4(2),51.

Mangkuprawira, Sjafri. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia Strategi. Ghalia Indonesia




DOI: https://doi.org/10.51849/j-p3k.v2i2.103

Refbacks

  • There are currently no refbacks.